Senin, 26 Februari 2018

Resume Kaidah Athaf Dalam Penafsiran Al-Qur'an, Senin, 26/02/18

Kaidah-kaidah Penafsiran

Resume ini kami ambilkan dari Buku Dr. Ahmad Husnul Hakim IMZI, MA untuk memudahkan kami sendiri dalam memahami dan mengahafalkannya. Dan juga sedikit tambahan dari keterangan beliau dikelas sahabat,. semoga bermanfaat ya sob......

Kaidah yang pertama kita pelajari dikelas adalah Kaidah Athaf sahabat. memang ada banyak huruf-huruf Athaf dalam Al-Qur'an, tetapi secara Garis besar atau yang paling sering muncul ada tiga. yaitu: Waw, Fa', dan Tsumma. oh ya, ini kita sedang membicarakan Kaidah Athaf dalam penafsiran lho ya, jangan terfokus pada kaidah nahwunya saja. meski tidak bisa dipungkiri Kaidah itu juga harus kita terapkan sih........hehe -)


Huruf Athaf Waw (و), huruf Athaf ini mempunyai beberapa fungsi sahabat.....
  • Li Muthlaqil Jam’i
    (penggabungan dua kalimat atau lebih yang sama-sama penting atau penggabungan dua kalimat yang sama-sama kuatnya) tidak bisa di pisahkan. contoh:
    وأقيموا الصلاة وأتوا الزكاة
    أطيعوا الله وأطيعوا الرسول
    واعبدوا الله ولا تشركوا به شيئا
    Dalam contoh-contoh diatas tidak bisa diambil satu hal dan dihindari hal yang lain. Contoh dalam ketaatan kepada Allah, tidak boleh tidak kita juga harus taat kepada Rasulullah dll.
  • Lil Awwaliyyat
    (Skala Prioritas)
    contoh:
    وبالوالدين إحسانا وبذي القربى واليتمى والمساكين (النّساء 36)
    Contoh diatas sebagai Waw Athaf yang dipahami skala prioritas. Jika kita mau berbuat baik, maka dahulukan orang tua, kerabat, anak yatim dan seterusnya.
  • Lit Tafriq
    (Pembeda)
    contoh:
    من أهل الكتاب والمشركين
    Waw tersebut lebih tepat kita pahami sebagai waw lit Tafriq dengan dalil” yang telah di sebutkan di resume kuliah sebelumnya.
    https://ahmadmunthaha.blogspot.co.id/2018/02/resume-kuliah-senin-19022018.html 

Huruf Athaf Fa’ (ف) huruf Athaf ini memiliki fungsi Lit Ta’qib (sesuatu yang mengiringi) contoh:
فتلقّى أدم من ربّه كلمات فتاب عليه
Fa’ dalam (فـتاب) mempunyai fungsi Lit Ta’qib yaitu sesuatu yang mengiringi.
Menyiratkan arti: Allah menerima Taubat dari hambanya itu secara langsung tidak di tunda-tunda.

Huruf Athaf Tsumma (ثمّ) fungsi dari huruf Athaf Tsumma ini adalah Lit Tartib ‘Alat Tarokhi (sesuatu yang mengiringi tetapi mempunyai jeda yang cukup lama) contoh:
اللذين ينفقون أموالهم في سبيل الله ثمّ لا يتبعون
Lafal (ثمّ) ini adalah sebagai pemisah sesuatu yang mengiringi tetapi jedanya lama.
ayat diatas membicarakan masalah keikhlasan dalam beramal. keikhlasan dalam beramal tidak bisa kita nilai diawal pemberian saja yang mungkin sambil mengatakan "saya ikhlas". tetapi menungu sampai saat kelak jika si pemberi kesusahan dan membutuhkan pertolongan dari orang yang pernah di tolongnya dan tidak mengungkit-ungkit sesuatu yang pernah di infakkannya sebagai pertolongan terhadap orang lain.
singkat kata "Tsumma" ini adalah Athaf yang berfungsi sebagai sesuatu yang mengiringi tetapi memiliki jeda yang cukup lama. bisa juga diambil contoh: إنّ اللذين قالوا ربّنا الله ثمّ استقاموا
keistiqomahan dalam beriman hanya dapat dinilai saat seseorang tersebut telah tutup buku atau tutup usia.

demikian dulu ya sahabat, maaftulisannya acak kadul. awalnya ingin Copy dari Word itu berupa tabel supaya enak dan mudah di hafal, ternyata Blog-nya gak menerima Tabel..hiks-hiks

wallaahu a'lam........

kalau ada salah, mohon Koreksinya. biar tidak banyak korban yang salah faham....hehee


Tidak ada komentar:

Posting Komentar