Minggu, 24 November 2019

Diskusi Bareng Gus Baha’


Diskusi Bareng Gus Baha’

كلّكم راع وكلّم مسئول عن رعيته

Sebagaimana hadist Nabi di atas, kita ketahui bahwa setiap kita adalah pemimpin. Oleh sebab itu kita harus memaksimalkan tugas kita msaing-masing. Tidak boleh mendelegasikan tugas kita kepada orang lain berlebihan; sebagai petani maka harus melakukan tugasnya, menanam padi dan lain sebagainya. Sebagai guru harus mengajar dengan baik dan profesional. Sebagai kiyai harus mengawal santrinya untuk menjadi pribadi yang unggul. Dan seterusnya.

Jika petani menggantungkan ketanganan pangan kepada Menteri Pertanian tanpa menanam padi, tidak akan mungkin terjadi apa yang di inginkan. Jika masyarakat luas mengandalkan keamanan kepada menteri Keamanan tetapi tetap saja bertengkar antar suku, antar daerah pasti juga tidak akan tercapai apa yang di citakan. Dan banyak contoh lainnya.

Maka dari itu, setiap dari kita harus berperan dalam hal yang kita terlibat di dalamnya baik secara langsung maupun tidak langsung atau dalam kata lain, saling melengkapi dan saling berperan di bidangnya masing-masing. Insyaallah akan terwujud apa yang di harapkan. Bahkan dalam hadist tersebut di jelaskan lengkap bahwa suami adalah pemimpin bagi keluarga. Istri adalah pemimpin bagi harta dan anak-anak suaminya dan seterusnya.


AM
24 November 2019

1 komentar: